∙ Udara yang bersih dalam artian tidak mengandung debu yang bisa merusak komponen pneumatik
∙ Udara kering yang tidak banyak mengandung banyak air, karena udara yang mengandung air dapat membuat korosi pada komponen pneumatik
∙ Memiliki tekanan yang sesuai dengan persyaratan kerja
Udara bertekanan pada industri yang memanfaatkan sistem pneumatik memanfaatkan air service unit untuk pengadaannya. Perhatikan gambar di bawah ini tentang pengadaan udara bertekanan.
Gambar 2. Pengadaan udara bertekanan (Gettfreid niat 1994)
Pada kegiatan pembelajaran ini kita akan mempelajari beberapa komponen pada proses produksi udara bertekanan.
Kompresor
Kompresor adalah alat untuk memampatkan udara atau gas. Secara umum
biasanya menghisap udara, yang susunannya terdiri dari beberapa gas.
Namun ada juga kompresor yang menghisap udara/gas degan tekanan
lebih tinggi dari tekanan atmosfer, biasa disebut penguat (booster).
Sebaliknya ada pula kompresor yang menghisap udara bertekanan lebih
rendah dari tekanan atmosfer dan biasanya disebut pompa vakum.
Pemilihan kompresor tergantung pada tekanan kerja dan jumlah udara yang
dibutuhkan.
Fungsi kompresor
Fungsi kompresor adalah untuk menaikkan tekanan udara. Tekanan
udara dapat dinaikkan dengan mengurangi volumenya.
Jenis-jenis kompresor
Kompresor piston aksi tunggal
Kompresor ini hanya mempunyai satu silinder, dengan gerakan torak yang bolak-baik didalamnya
2) Kompresor piston aksi ganda
Kompresor ini dengan mempunyai jumlah silinder lebih dari satu, dibuat dengan maksud untuk memperoleh kapasitas yang lebih besar atau tekanan yang lebih besar.
3) Kompresor diafragma Kompresor ini termasuk dalam jenis kompresor torak.
Penempatan torak dipisahkan dengan ruangan penyedotan oleh sebuah diafragma.
Langkah kerja kompresor torak
1) Langkah hisap
Poros engkol berputar, torak bergerak dari TMA ke TMB. Kevakuman terjadi pada ruangan di dalam silinder, sehingga katub hisap terbuka oleh adanya perbedaan teknan dan udara terhisap masuk ke silinder.
2) Langkah kompresi
Langkah kompresi terjadi saat torak bergerak TMB ke TMA, katup hisap dan katup keluar tertutup sehingga udara dimampatkan di dalam silinder.
3) Langkah keluar
Bila torak meneruskan gerakan ke TMA, tekanan didalam silinder akan naik sehingga katup keluar oleh tekanan udara sehinga udara keluar memasuki tangki penyimpanan.
Air reservoir tank/Tangki Udara
a) Fungsi Air reservoir tank
Air Reservoir Tank adalah tangki yang berfungsi untuk menyimpan udara.
Tangki ini memiliki fungsi sebagai kompresi udara dan tekanan udara
sebagai sumber stabilisasi. Tangki tekanan udara bisa menghilangkan atau mengurangi berkala udara aliran denyut dari kompresor udara, dan menstabilkan tekanan dalam pipa, pasokan listrik ke pipa untuk menyelesaikan program operasi pneumatik setelah berhenti mesin.
b) Pemasangan Air Reservoir Tank
Tangki udara dapat dipasang secara vertikal atau horisontal. Udara keluaran diambilkan dari bagian atas tangki, sedangkan udara masuk lewat bagian bawah tangki.
No comments:
Post a Comment