Sistem Pendidikan di Inggris
VET formal di Inggris diatur dalam beberapa kerangka kualifikasi nasional. Kerangka Kualifikasi yang Diatur (RQF) diperkenalkan di Inggris dan Irlandia Utara pada tahun 2015 dan mencakup kualifikasi akademik dan kejuruan. RQF memberi organisasi pemberi penghargaan peningkatan kebebasan dan fleksibilitas untuk mengembangkan kualifikasi yang memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja tertentu. Kualifikasi sekarang diharapkan divalidasi dan didukung langsung oleh pemberi kerja untuk memastikan kualifikasi mengukur pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk industri, daripada mengikuti aturan dan struktur preskriptif yang diberlakukan oleh lembaga pemerintah. Pendeskripsi tingkat telah direvisi, tetapi delapan tingkat kerangka kerja yang sama (ditambah tingkat pemula, lihat Tabel 1) tetap dari Kerangka Kualifikasi dan Kredit (QCF) sebelumnya, dan kualifikasi yang ada terus ditawarkan hingga ditarik oleh organisasi pemberi penghargaan. Credit and Qualifications Framework for Wales (CQFW) juga memiliki level yang sama dengan QCF/RQF. CQFW adalah kerangka kerja meta yang terdiri dari tiga pilar. Ini adalah kualifikasi yang diatur, kualifikasi pendidikan tinggi dan kualifikasi pembelajaran seumur hidup, yang mencakup pengembangan profesional berkelanjutan di tempat kerja dan pelatihan bisnis yang dipesan lebih dahulu, serta pembelajaran non-formal, pengakuan pembelajaran sebelumnya (RPL), dan akreditasi yang ditetapkan untuk pembelajaran. Kerangka Kredit dan Kualifikasi Skotlandia (SCQF) terdiri dari 12 tingkat dan mencakup kualifikasi formal, dan peningkatan volume kualifikasi non-formal.
CQFW, SCQF dan QCF sebelumnya menjelaskan tingkat, kualifikasi dan unit dalam hal hasil pembelajaran serta kredit dan jam pembelajaran nosional. Kualifikasi RQF, sejak 31 Desember 2017, telah dijelaskan dalam hal total waktu kualifikasi ( 11) sebagai alokasi kredit untuk unit dan kualifikasi tidak wajib dalam RQF. Kualifikasi Kejuruan Nasional (NVQs) dan Kualifikasi Kejuruan Skotlandia (SVQs) adalah kualifikasi berbasis kompetensi, berorientasi praktis yang didasarkan pada Standar Pekerjaan Nasional dan sering dinilai di tempat kerja. Sementara NVQ berada di dalam RQF dan CQFW, SVQ berada di dalam SCQF.
Untuk memenuhi permintaan pasar tenaga kerja akan keterampilan teknis yang lebih tinggi, jaringan Institut Teknologi sedang dibuat di Inggris yang berfokus pada pengembangan keterampilan pada tingkat kerangka kualifikasi 3-5 (EQF 4-5). Lembaga-lembaga ini akan disponsori oleh pemberi kerja, terdaftar di badan-badan profesional dan diselaraskan dengan standar pemagangan, dan diberdayakan dan diharapkan untuk merancang rute yang jelas menuju pekerjaan bekerja sama dengan pemberi kerja dan organisasi profesional. Selain itu, pendanaan dari pemerintah dan pengusaha telah dikonfirmasi untuk lima Perguruan Tinggi Nasional pada tahun 2016. Perguruan Tinggi Nasional ini akan fokus pada memberikan keterampilan teknis pada tingkat 4 hingga 6 (tingkat EQF 5-6) di bidang keterampilan digital, kereta api berkecepatan tinggi, nuklir , kreatif dan budaya, dan minyak dan gas darat.
Proses Pengakuan Kompetensi
Secara umum ada lebih sedikit peluang transfer ke pendidikan lanjutan dan pendidikan tinggi untuk kualifikasi yang diperoleh di luar kerangka kualifikasi formal di Inggris. Pengakuan Pembelajaran Sebelumnya (RPL) diberikan atas kebijaksanaan institusional berdasarkan kebijakan RPL dari organisasi pemberi penghargaan individu di Inggris.
Pedoman Pengakuan Pembelajaran Informal Sebelumnya merupakan bagian dari SCQF di Skotlandia. Sebelumnya ada jaringan RPL yang terhubung dengan Scottish Credit and Qualifications Framework Partnership yang menerbitkan perangkat RPL ( 54) dan panduan online yang bertujuan untuk meningkatkan dan meningkatkan pengakuan pembelajaran non-formal dan informal serta pembelajaran formal. Selama Jaringan RPL tidak lagi beroperasi, peralatan dan bengkel pendukung tetap tersedia.
Di Inggris, RARPA (Mengakui dan Mencatat Kemajuan dan Prestasi dalam pembelajaran yang tidak terakreditasi) selanjutnya dirancang oleh Institut Nasional Pendidikan Berkelanjutan Orang Dewasa (sekarang: Institut Pembelajaran dan Pekerjaan) dan mantan Badan Pengembangan Pembelajaran dan Keterampilan untuk membantu pengakuan dan validasi pembelajaran yang tidak mengarah pada penghargaan formal. RARPA mencakup proses bertahap dalam menilai prestasi individu peserta didik dengan mempertimbangkan titik awal mereka, identifikasi tujuan pembelajaran, pencatatan kemajuan dan penilaian akhir program.
Badan Penjaminan Mutu menawarkan layanan yang disebut Akreditasi Pelatihan Berbasis Pengusaha yang menghubungkan pengusaha dengan institusi pendidikan tinggi, memverifikasi kualitas dan standar pelatihan dalam perusahaan dan dalam beberapa kasus mencocokkannya dengan standar kualifikasi nasional. Proses ini mempromosikan pengakuan pelatihan non-formal dan membantu kemajuan ke program pendidikan formal. Mekanisme Pembelajaran Seumur Hidup telah dikembangkan untuk memungkinkan pendidikan dan pelatihan non-formal, seperti pembelajaran komunitas, pelatihan di perusahaan dan pengembangan profesional berkelanjutan, untuk diakui sesuai dengan prinsip-prinsip tingkat tinggi dari Credit and Qualifications Framework of Wales.
Departemen Ekonomi di Irlandia Utara bertujuan untuk mendorong lebih banyak orang, yang mungkin memiliki kualifikasi formal yang lebih sedikit, untuk mempertimbangkan melamar tempat di pendidikan tinggi berdasarkan pembelajaran pengalaman sebelumnya yang terakreditasi (APEL). The Northern Ireland University and College Accreditation of Prior Experiential Learning (APEL) Guidelines ( 57) dikembangkan untuk memfasilitasi masuk ke pendidikan tinggi – khususnya gelar Foundation – bagi mereka yang tidak memiliki kualifikasi akademik formal yang diperlukan untuk masuk ke pendidikan tinggi dengan menerima kualifikasi kejuruan dan pengalaman belajar sebagian atau seluruhnya. Pedoman tersebut didukung oleh universitas dan sektor perguruan tinggi dan memanfaatkan praktik yang baik di dalam sektor tersebut dan di seluruh Inggris.
No comments:
Post a Comment