Sistem Pendidikan Kejuruan
Salah satu prinsip yang mendasari sistem pendidikan di Belanda, yang dijamin dalam pasal 23 Konstitusi, adalah kebebasan pendidikan. Artinya ada kebebasan untuk mendirikan sekolah, kebebasan untuk menyelenggarakan pengajaran dan untuk menentukan prinsip-prinsip yang menjadi dasar pendidikan (kebebasan berkeyakinan). Sistem pendidikan dan pelatihan Belanda terdiri dari bagian-bagian berikut:
pendidikan dasar (PO – primair onderwijs) di ISCED 1 adalah untuk siswa berusia 4-12 tahun. Durasi adalah delapan tahun.
pendidikan khusus pada tingkat dasar dan menengah (SO/ VSO – special onderwijs/ voortgezet speciaal onderwijs) adalah untuk siswa berusia 3 sampai 20 tahun dengan kesulitan belajar atau perilaku dan/atau cacat mental, sensorik atau fisik.
pendidikan menengah umum (AVO – algemeen voortgezet onderwijs), ISCED 2 dan 3, mencakup tiga jenis:
pendidikan pra-universitas (program sekolah menengah pertama dan atas yang terintegrasi).
Program pendidikan umum menengah pertama dan atas yang terintegrasi
Dua program umum (jalur teoritis dan gabungan) dalam pendidikan pra kejuruan (VMBO – voorbereidend middelbaar beroepsonderwijs - theoretische en gemengde leerweg)
program berbasis sekolah menengah pertama (VMBO - voorbereidend middelbaar beroepsonderwijs - kaderberoepsgerichte dari basisberoepsgerichte leerweg)
program pendidikan kejuruan menengah atas
program spesialisasi satu tahu
pendidikan tinggi (atau tersier)
CVET terdiri dari serangkaian kursus kejuruan atau yang lebih umum untuk pencari kerja, pengangguran, karyawan, wiraswasta, dan pemberi kerja. Program IVET menengah atas juga dapat berfungsi sebagai CVET.
Sistem pendidikan Belanda juga melayani kebutuhan orang dewasa tanpa kualifikasi (yang sesuai). Ada dua jenis pendidikan orang dewasa umum, yang terbuka untuk pelajar berusia 18 tahun ke atas (dalam kondisi tertentu, anak berusia 16/17 tahun juga dapat mengikuti jenis pendidikan ini). Pendidikan dasar (basiseducatie) adalah untuk orang dewasa asli dan non-pribumi dengan defisit belajar yang pendidikan atau pelatihannya tidak wajib. Ini berfokus pada keterampilan literasi dan berhitung sosial dan dasar. Pendidikan menengah umum untuk orang dewasa ) menawarkan program sekunder umum (VMBO, HAVO dan VWO). Di tingkat yang lebih tinggi, Universitas Terbuka yang didanai publik menawarkan program pendidikan akademik orang dewasa. Ini menyediakan program modular. Klasifikasi program VET pada pendidikan pra-vokasi, kejuruan menengah atas, dan pendidikan profesional tinggi di Belanda dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Proses Pengakuan Kompetensi
Di Belanda, mekanisme untuk mengakui pembelajaran formal VET adalah sebagai berikut:
di sekolah menengah pertama pendidikan pra-vokasi (VMBO), diadakan ujian pusat, nasional dan sekolah, yang penting untuk mendapatkan ijazah. Inspektorat pendidikan mengawasi kualitas ujian sekolah
pada SMK tingkat menengah atas (MBO), penilaian hasil belajar menjadi tanggung jawab sekolah. Undang-undang menetapkan bahwa perusahaan yang menyediakan pembelajaran berbasis kerja harus dilibatkan. Standar kualifikasi berfungsi sebagai tolok ukur penilaian. Inspektorat pendidikan mengawasi kualitas ujian (isi, tingkat dan prosedur di tingkat program);
di VET sekolah menengah pertama dan atas, pengenalan ujian pusat wajib dalam bahasa Belanda dan matematika dasar akan dilakukan secara bertahap. Lulus ujian pusat dalam bahasa Belanda adalah wajib untuk mendapatkan ijazah VET menengah atas. Ujian pusat dalam matematika dasar belum wajib;
dalam pendidikan profesional yang lebih tinggi, sekolah bertanggung jawab atas ujian sesuai dengan peraturan pengajaran dan penilaian yang dirancang oleh penyedia. Peraturan ini adalah bagian dari permintaan akreditasi untuk HBO yang diakui program.
Validasi pembelajaran sebelumnya, nonformal dan informal merupakan instrumen yang telah dipromosikan di Belanda selama lima belas tahun terakhir. Terdapat sistem validasi komprehensif yang mencakup semua tingkat dan sektor pendidikan. Sejalan dengan diskusi dan proposal yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir, dari 2016 seterusnya ada dua prosedur validasi formal:
validasi untuk pasar tenaga kerja: Pengakuan/dokumentasi pembelajaran sebelumnya – prosedur formal untuk pekerja dan pencari kerja yang mengarah pada pemberian portofolio keterampilan yang divalidasi (sertifikat). Validasi dimungkinkan untuk kualifikasi sektoral, formal VET dan HE. Jenis validasi ini paling banyak digunakan. Sertifikat tersebut tidak memberikan hak hukum untuk pengecualian untuk pembelajaran atau ujian di VET formal pendidikan tinggi profesional (lihat di bawah);
validasi untuk pendidikan: Akreditasi/sertifikasi pembelajaran sebelumnya (APL) – prosedur formal di mana seorang kandidat dapat menilai hasil pembelajarannya berdasarkan standar kualifikasi nasional untuk memperoleh kualifikasi formal di VET atau HE. Validasi mendukung akses ke pendidikan dan pelatihan di semua tingkatan. Sejalan dengan diskusi dan proposal yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir, dari 2016 Meskipun kualifikasi VET dan HE secara teori dapat diperoleh melalui validasi, dalam praktiknya ini tergantung pada permintaan dan saat ini paling umum di VET.
No comments:
Post a Comment