"Berpikir seperti insinyur, berkarya seperti seniman. Inovasi lahir dari keberanian untuk mencoba dan gagal. Jangan tunggu sempurna untuk memulai, mulailah untuk menjadi sempurna. Setiap baris kode adalah langkah kecil menuju perubahan besar. Kreativitas tanpa aksi hanyalah imajinasi.”

Friday, December 2, 2022

PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK (BRAIN BASED LEARNING)

PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK



  1. PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK

Otak adalah anugerah yang begitu besar yang dikaruniakan Allah SWT kepada manusia untuk menjadi alat berpikir untuk menyelesaikan masalah, mengungkapkan ide, mengatur kehidupan dan berbagai fungsinya yang begitu kompleks. Mufidah menyatakan bahwa otak manusia adalah massa protoplasma yang paling kompleks yang pernah dikenal di alam semesta ini, Akal dan otak adalah suatau kesatuan yang tak terpisahkan , akal menjadi pembeda antara manusia dan makhluk lainnya. Kinerja otak menjadi faktor penting pada tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu munculah teori yang menjabarkan tantang pembelajaran yang berbasis pada otak. 

Pembelajaran berbasis otak atau braind based learning adalah konsep untuk menciptakan pembelajaran dengan berorientasi pada upaya pemberdayaan otak peserta didik. Menurut Jensen, pembelajaran berbasis otak adalah belajar sesuai dengan cara otak dirancang secara alamiah untuk belajar. 

  1. PRINSIP-PRINSIP BRAIN BASED LEARNING

Menurut Renate and Geoffrey Caine (Making Connection, 1994), terdapat dua belas prinsip Brain-based Learning.

  1. Belajar Melibatkan Proses Fisiologi (Learning engages the physiology)

Otak akan bekerja dengan baik bila tersedia proses fisiologi yang mendukungnya. Proses belajar yang dilakukan otak akan memengaruhi seluruh bagian tubuh lainnya. Demikian juga proses bagian tubuh memengaruhi proses belajar.

  1. Ketersediaan air minum. 

Dehidrasi dapat mengurangi konsentrasi dan kemampuan intelektual. Bila tubuh kehilangan dua persen cairan tubuhnya, akibatnya terjadi penurunan kinerja mental dan fisik sampai dua puluh persen. Penyediaan air minum adalah penting bagi anak yang berangkat ke sekolah. Aturan yang masih membolehkan tersedianya air minum di dalam kelas sangatlah membantu anak dalam meningkatkan gairah belajar.


  1. Terpenuhinya multivitamin bagi anak. 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan nonverbal meningkat ketika anak diberikan suplemen multivitamin dan mineral yang memadai. Minum multivitamin dapat meningkatkan skor IQ anak sampai naik 25 min Vitamin B dan zat besi sangat penting meningkatkan aktivitas otak. Kekurangan vitamin B mengakibatkan konsentrasi dan ingatan buruk, kurang energi' insomnia, dan mudah marah.

  1. Terpenuhinya jenis lemak yang baik. 

Campuran lemak seperti omega tiga dan omega enam menjaga keseimbangan otak. Peserta didik diharapkan dapat memenuhi kebutuhan lemaknya sendiri. Pendidik juga dapat mengingatkan peserta didik untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

  1. Mineral lain. 

Sumber-sumber mineral penting Iainnya:

  • Boron, yang terdapat pada kacang-kacangan, apel, brokoli, anggur, dan polong-polongan.

  • Choline, yang terdapat pada kuning telur, sardine, hati, kacang-kacangan dan padi-padian.

  • Chromium, yang terdapat pada daging merah, telur, keju, seafood, padi padian utuh.

  • Kalsium, yang terdapat pada produk susu, almond, apricot, biji-bijian, sarden dan sayuran daun hijau, dll.

  1. Aktivitas, pencahayaan, dun penyakit. Pebelajar memerlukan aktivitas bergerak.

Aktivitas bergerak berbentuk: role play, strectching, merubah posisi tempat duduk. Pencahayaan juga penting bagi pebelajar. Pencahayaan ruangan yang ideal adalah yang sesuai dengan tingkat lumens yang sesuai, yakni yang lembut dan alami. Penyakit dapat menghambat pembelajaran. Misalnya, sakit amandel akan menggangu anak untuk belajar yang disebabkan oleh rasa sakit tenggorokannya dan deman yang terus mengganggu konsentrasi belajamya. Sakit perut dan diare membuat anak kesakitan dan terus buang air besar. Deman membuat anak lemah dan tak berdaya.

  1. Bahan kimia dan kerja memori otak. Beberapa bahan kimia makanan (Eric

Jensen, 2008) dapat memengaruhi kerja memori otak antara lain:

  • Asetikolin, memperkuat otak dalam membentuk memori jangka panjang pada neurotransmitter.

  • Lesitin yang menghasilkan kolin. Kolin dapat meningkatkan ingatan. Kolin terdapat dalam telur, ikan salmon, dan daging tanpa lemak.

  • Fenilalanin membantu memperbanyak norepinefrin yang dapat meningkatkan kesiagaan dan atensi. 


  • Adrenalin dapat melindungi dan memperbaiki memori, juga menyimpan memori yang menyenangkan atau traumatis.

  • Konsumsi coklat pada saat belajar akan dapat membuat pebelajar mengingat lebih banyak pada saat ujian dengan kondisi tertentu.

  1. Otak atau Akal Budi Bersifat Sosial (The brain/mind is social)

Versi awalnya the brain is a paralel processor. Otak selalu berusaha untuk membedakan dan memahami kejadian yang ada. Apabila dirasa tidak bermakna maka otak tidak akan memprosesnya.

  1. Pembelajaran Bermakna akan Terus Menetap (The search for meaning is innate)

Otak selalu mencari hal-hal yang memiliki makna dan secara otomatis akan bereaksiterhadap informasi yang datang.

  1. Pembelajaran Bermakna sering melalui Pola-pola (The search for meaning occurs through patterning) 

Pemahaman dan ingatan dapat terjadi melalui pola, atau melalui cara yang alamiah. Informasi dapat berupa belajar hal yang baru, yang membangkitkan emosi dan keselamatan hidup. Pembelajaran tentang keselamatan hidup lebih mendapat perhatian dan lebih bermakna. Terdapat istilah KWL (what you Know, Want, Learn), pembelajaran terintegrasi’ field trip, hands on learning, pembelajaran matematika generalisasi (pola), visualisasi komunikasi (implementasi).

  1. Emosi merupakan Bagian Kritikal (Bagian Penentu) untuk Memahami pola (Emotion are critical to patterning)

Kegiatan belajar yang dilakukan otak sangat dipengaruhi oleh emosi atau perasaan. Oleh karena itu, ciptakanlah suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif, dalam ekspektasi yang positif. Gunakan teknik-teknik penarik emosi berikut:

  • Humor break. Semasa Charlie Chaplin (CC), pernah diadakan lomba lawak CC Adiknya jadi juri lomba ternyata CC tak jadi juara. Hal yang lucu dan aneh?

  • Drama, story telling, collobarative learning, ligsaw. Tampilkan pertunjukkan drama dalam classmetting (assembly).

  • Celebration. Gunakan ritual ”perayaan” setelah menyelesaikan pembelajaran materi tertentu.

  1. Otak Berproses Sebagian dan Menyeluruh Secara Simultan (The mind/brain processes parts and whales simultaneous)

Otak bekerja secara simultan memproses bagian per bagian sekaligus juga secara keseluruhan. Otak bagian kiri dan kanan memiliki fungsi yang berbeda dan bekexja secara simultan melengkapi satu sama lain.

  1. Belajar Menuntut Pemfokusan Perhatian dan Persepsi Periferal (learning involves both focused attention and peripheral perception) 

Otak selalu menyerap informasi secara langsung pada saat perhatian kita terfokus maupun saat tidak terfokus. Kita perlu menciptakan lingkungan mangan yang mendukung.

  1. Belajar Selalu Berproses Secara Sadar dan Bawah Sadat (Learning always involves conscious and unconscious processes) 

Secara sadar dan tidak sadar proses belajar yang dilakukan oleh otak berlangsung terns menerus. Oleh karena itu, kita dapat memberikan waktu yang cukup untuk siswa mengkonsolidasikan apa yang mereka pelajari dengan menngunakan intonasi yang berbeda, kecepatan yang berbeda, dan volume yang berbeda. Ketika menjelaskan suatu hal yang penting, ada anak yang kurang perhatian dan bermain!

  • Anak latah. Anak latah membuat anak lain diam dengan ccara memukul-memukul penggaris agar siswa lain diam. Ini mengikuti perilaku gurunya.

  • Berbahaya. Poster “evolusi” yang terpampang terus menerus akan tertanam dalam alam bawah sadar pikiran anak. Perlu diketahui, evolusi tidak mengakui penciptaan (kreasionisme) oleh Tuhan.

  • Gesture. Gesture memengaruhi apa yang disampaikan. Guru mungkin berkata, “Ibu sih tak marah,” tapi dia mengucapkannya dengan suara yang tinggi.

  1. Sedikitnya ada dua cara menata memori atau ingatan, yang berdasarkan pengalaman (system memori spasial) dan berdasarkan ingatan (rote learning)

Penataan memori pada manusia ada yang bermakna dan tidak bermakna. Efektifran cara menghapal. Berikan keterampilan pada siswa untuk menghapal sesuatu, dengan cara:

  • Mnemonic-mejikihibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu pada warna pelangi).

  • Chungking information. Gunakan tangan yang dikepal untuk mengetahui jumlah hari dalam satu bulan, dengan menggunakan lagu.

  1. Belajar adalah perkembangan (learning is development)

Pembelajarn merupakan bagian dari perkembangan. Untuk bebebrapa topiktertentu, siswa dapat berpikir secara abstrak, sementara yang lain terbatas dan masih berpikir pada tingkat konkret. Pembelajaran akan membangun hubungan antar saraf. Untuk itu, pembelajaran membutuhkan paparan, pengulangan, makna, dan praktik penting bagi siswa.

  1. Pembelajaran Kompleks Ditingkatkan melalui Tantangan dan Dihambat Oleh Ancaman (Complex learning is enhanced by a challenge and inhibited by thread)

Pembelajaran dapat terjadi dengan maksimal bila ada tantangan yang sesuai, Jangan terlalu mudah dan jangan terlalu sulit.

  • Jangan ada tes atau kuis yang mengejutkan. Ini akan mengancam ketenangan siswa. No surprise test or quiz (threatening).

  • Buatlah agenda yang jelas di awal pelajaran.

  • Buat iklim pembelajaran yang kondusif, ”It’s okey to make mistake. ”

  • Gunakan kriteria penilaian yang jelas.

  • Hindari memberi pemyataan yang membuat anak tidak semangat untuk belaja dan berpikir lebih dalam dan detail.

  1. Setiap Otak Memiliki Penataan yang Unik (Each brain is uniquely organized) 

Pilihkan variasi pembelajaran yang melibatkan proses berbagai indera bagi instruksipembelajaran yang berbasis otak.

  • Jangan melabeli siswa. Bila memungkinan hindarkan penyebutan atau pengelompokan berdasar kemampuan. If possible avoid ability grouping. .

  • Gunakan dan implementasikan Multiple intelligence dan Bloom taxonomy.

Menurut Caine and Caine, kondisi otak manusia tergantung pada 12 aspek lingkaran ”jam” Brain-based Learning. Semua aspek tersebut adalah suatu kesatuan yang saling mempengaruhi agar pelaksanaan pembelajaran berbasis otak terlaksana dengan optimal.  

  1. IMPLIKASI

Pelaksanaan model pembelajaran berbasis otak ini perlu memerhatikan beberapa hal Dalam hubungan ini, agar pembelajaran berbasis otak dapat berlangsung dengan baik dan alamiah, Renate Caine dan Geoffrey Caine dalam edisi revisi pada sumber yang sama (2002) menyatakan diperlukan adanya tiga elemen esensial yang interaktif, yaitu:

  1. Guru harus melibatkan siswa dalam suatu pengalaman interaktif yang kompleks, yang bersifat kaya dan nyata. Contohnya, untuk belajar bahasa asing siswa diakomodasikan untuk mempelajari langsung suatu budaya asing. Pendidikan harus selalu mengedepankan peranan otak sebagai prosesor paralel.

  2. Setiap peserta didik harus menghadapi tantangan personal sendiri’ sendiri. Tantangan seperti itu akan merangsang pikiran siswa pada keadaan kesiapan, kesiagaan, yang diinginkan. la akan selalu siap belajar.

  3. Agar peserta didik memperoleh wawasan (insight) tentang masalah, harus diakomodasikan hadirnya analisis intensif dengan berbagai cara pendekatan. Inilah yang disebut sebagai pengalaman proses aktif (active processing experience).

Ketiga elemen tersebut menjadi pengangan atau kata kunci bagi pendidik dalam proses pembelajaran berbasis otak mapunpada model pembelajaran lainnya, karena pada dasarnya lingkungan pembelajaran yang kondusi akan membantu siswa lebih mudah menyerap materi pembelajaran. Caine dan Caine juga menambahkan sejumlah kata kunci bagi berlangsungnya pembelajaran berbasis otak dengan baik, yaitu:

  1. Umpan balik akan berlangsung lebih baik bila datangnya dari realitas, ketimbang berasal dari otoritas guru.

  2. Peserta didik akan be|ajar lebih baik tatkala menyelesaikan masalah yang realistis;

  3. Karena setiap otak adalah unik dan berbeda-beda, pendidik harus mengupayakan setiap peserta didik agar terbiasa dengan lingkungan miliknya sendiri.

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi

 Pelaksanaan Asesmen Kompetensi



  1. Komponen Asesmen Kompetensi

  1. Standar Kompetensi Kerja

Rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku.

  1. Asesor Kompetensi

Seseorang yang memiliki kompetensi dan memenuhi persyaratan untuk melakukan dan/atau menilai asesmen kompetensi pada jenis dan kualifikasi tertentu. Jenjang asesor kompetensi adalah Calon asesor kompetensi, Asesor Kompetensi dan Asesor Kompetensi Kepala (Lead assessor).

  1. Perangkat asesmen/materi uji kompetensi

Alat untuk alat bantu dalam mengases kompetensi dapat berupa daftar periksa (checklist) observasi demonstrasi, daftar periksa obeservasi produk atau jasa, daftar periksa observasi portfolio, daftar pertanyaan tertulis, daftar pertanyaan wawancara, dan lain-lain.

  1. Tempat uji kompetensi (TUK)

Tempat kerja atau suatu organisasi yang membuat simulasi tempat kerja yang
memenuhi persyaratan tempat kerja yang baik (good practice), sebagai tempat untuk melaksanakan asesmen kompetensi sesuai dengan materi dan metoda asesmen kompetensi yang akan dilaksanakan.

  1. Rambu-Rambu Pelaksanaan Asesmen

Pelaksanaan Asesmen kompetensi harus mengikuti rambu-rambu:

  1. Asesmen kompetensi dilaksanakan dengan prosedur, proses serta
    lingkungan yang dikenal oleh peserta asesmen.Asesmen kompetensi
    dilaksanakan apabila peserta memiliki keyakinan bahwa dirinya sudah
    kompeten, dengan menunjukkan bukti-bukti kompetensi yang dapat
    berupa sertifikat pendidikan/pelatihan, port folio pengalaman kerjanya,
    hasil-hasil kerjanya dan lain-lain.

  2. Asesmen kompetensi dilaksanakan melalui proses partisipatif dengan
    memperhatikan kondisi dan potensi peserta.

  3. Keputusan asesmen kompetensi mengacu kepada standar kompetensi
    yang dipersyaratkan dan persyaratan/acuan (benchmark) ditempat kerja
    asesi seperti SOP, spesifikasi produk/jasa, regulasi teknis, dan lain-lain.
    Bagi asesi yang belum teridentifikasi tempat kerjanya, maka benchmark
    yang dapat digunakan adalah standar proses, produk/jasa, sistem,
    kurikulum yang mampu telusur terhadap standar nasional atau
    internasional.

  4. Asesor kompetensi dalam melaksanakan asesmen harus mengikuti skema
    sertifikasi dan SOP asesmen dari LSP yang menugaskan.

  5. Bukti-bukti yang dikumpulkan oleh peserta dalam proses asesmen
    kompetensi, sebagian didasarkan atas bukti-bukti yang dikumpulkan
    pada saat mereka bekerja.

  6. Metode asesmen kompetensi yang digunakan harus sesuai dengan
    persyaratan kompetensi yang diujikan dengan mempertimbangkan buktibukti yang ada serta kondisi asesi.

  1. Prinsip Pelaksanaan Asesmen

Asesmen kompetensi harus mengukuti prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Valid, artinya : menilai apa yang seharusnya dinilai, bukti-bukti yang
    dikumpulkan harus mencukupi serta terkini dan asli.

  2. Reliabel, artinya : penilaian bersifat konsisten, dapat menghasilkan
    kesimpulan yang sama walaupun dilakukan pada waktu, tempat dan
    asesor yang berbeda.

  3. Fleksibel, artinya : penilaian dilakukan dengan metoda yang disesuikan
    dengan kondisi peserta uji serta kondisi tempat asesmen kompetensi.

  4. Adil, artinya : dalam penilaian tidak boleh ada diskriminasi terhadap peserta, dimana peserta harus diperlakukan sama sesuai dengan prosedur yang ada dengan tidak melihat dari kelompok mana dia berasal

  1. Pelaksanaan Asesmen Kompetensi

  1. Perencanaan Asesmen

  2. Pengembangan Perangkat Asesmen

  3. Pelaksanaan Asesmen

  4. Monitoring

  5. Evaluasi

  6. Rekaman

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

 Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

Definisi BNSP

BNSP merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Pembentukan BNSP merupakan bagian integral dari pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja yang berkualitas. Berbeda dengan paradigma lama yang berjalan selama ini, sistem penyiapan tenaga kerja dalam format paradigma baru terdapat dua prinsip yang menjadi dasarnya, yaitu : pertama, penyiapan tenaga kerja didasarkan atas kebutuhan pengguna (demand driven); dan kedua, proses diklat sebagai wahana penyiapan tenaga kerja dilakukan dengan menggunakan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi (Competency Based Training / CBT). Pengembangan sistem penyiapan tenaga kerja dengan paradigma baru ini dimulai pada awal tahun 2000 yang ditandai dengan ditandatanganinya Surat Kesepakatan Bersama (SKB) antara Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendidikan Nasional, Ketua Umum Kadin Indonesia.

Gambar Logo BNSP

Tugas dan Fungsi BNSP

BNSP mempunyai tugas melaksanakan sertilikasi kompetensi kerja. Untuk melaksanakan tugas tersebut BNSP menyeienggarakan fungsi: 

  1. pelaksanaan dan pengembangan sistem sertifikasi kompetensi kerja; 

  2. pelaksanaan dan pengembangan sistem sertifikasi pendidikan dan pelatihan vokasi; 

  3. pembinaan dan pengawasan pelaksanaan sistem sertilikasi kompetensi kerja nasional; 

  4. pengembangan pengakuan sertifikasi kompetensi kerja nasional dan internasional; 

  5. pelaksanaan dan pengembangan kerja sama antar lembaga, baik nasional dan internasional di bidang sertilikasi profesi; dan

VISI dan MISI

Sebagai sebuah lembaga, BNSP memiliki cita-cita yang hendak di capai dalam bentuk visi dan misi. Berikut ini adalah visi dan misi BNSP:

Visi

Menjadi lembaga otoritas sertifikasi profesi yang independen dan terpercaya dalam menjamin kompetensi tenaga kerja di dalam maupun luar negeri

Misi

Mengembangkan sistem sertifikasi kompetensi profesi yang terpercaya

Meningkatkan rekognisi dan daya saing tenaga kerja Indonesia di dalam maupun di luar negeri

Membangun kerjasama saling pengakuan sertifikasi kompetensi secara internasional




Kasih yang Mati

Kasih yang Mati

Luka ini abadi.

Kau yang katanya tulus menyinari.

Mematikan kasih dan memilih pergi.

Kau yang kusimpan di hati.

Berhenti untuk peduli.

Aku disini mati.

Kau disana menikmati hari.

Kau yang salah, aku yang dimaki. 

Sebajingan itukah kamu?


Friday, November 4, 2022

Puisi Hujan Malam Ini

Hujan Malam Ini



Hujan malam ini bagaimana?

Lebih deras dari luka yang menerpa? 

Hujan malam ini bagaimana?

Sesyahdu cinta yang kini jadi lara?

Hujan malam ini bagaimana?

Lebih lama dari rindu yang tak kunjung temu? 

Masihkah dapat kau nikmati?

Yup, suaranya memang tak semerdu suara rindu.

Dinginnya membekukan jiwa yang hatinya telah beku.

Tapi,

Apakah kamu tau makna hujan malam ini?

Tak tau?

Tengoklah ke belakang! 

Hujanlah yang mengantarkanmu pada ruang rinduku. 


Purbalingga, 4 November 2022

Mun, aku rindu

Sunday, October 23, 2022

Arti Lirik Lagu Taylor Swift Anti Hero

Arti Lirik Lagu Taylor Swift Anti Hero

Baru-baru ini salah satu penyanyi terbaik dunia, Taylor Swift mengeluarkan lagu berjudul Anti Hero. Lagu ini mendapat respon baik dari pendengarnya. Selain suaranya yang merdu, makna lagu ini cukup mendalam, apalagi bagi kaum introvert seperti saya. Untuk mengetahui arti lagu ini dapat dibaca pada postingan berikut ini. 

I have this thing where I get older but just never wiser

Seiring bertambahnya usia aku merasa tidak lebih bijaksana
Midnights become my afternoons
Waktu tidurku malah digunakan untuk bekerja
When my depression works the graveyard shift, All of the people
Saat depresi mengambil alih jam tidurku seolah-olah itu adalah hal biasa
I’ve ghosted stand there in the room
Aku telah dihantui oleh masalah selama ini
I should not be left to my own devices
Seharusnya aku tidak boleh dilepas sendirian
They come with prices and vices, I end up in crisis
Itu datang dengan alkohol dan sifat buruk, aku berakhir dalam krisis

(I've realized all this time)
(Aku menyadarinya sepanjang waktu)
I wake up screaming from dreaming one day I’ll watch as you’re leaving
Aku melakukan sesuatu tanpa berpikir suatu hari aku akan melihatmu pergi
Cause you got tired of my scheming
Karena aku bosan dengan rencanaku
(For the last time)
Untuk terakhir kalinya)

It’s me, Hi, I’m the problem
Inilah aku, si penyebab masalah
it’s me
Inilah aku
At teatime, Everybody agrees
Saat semua orang berkumpul, mereka semua setuju (Bahwa aku biang masalah)
I’ll stare directly at the sun but never in the mirror
Aku lebih mudah menghadapi media daripada kecemasan sendiri
It must be exhausting always rooting for the anti-hero
Pasti melelahkan selalu mendukung seorang pengganggu sepertiku

Sometimes I feel like everybody is a sexy baby
Terkadang, aku merasa saat ini orang menyukai artis muda dan segar
And I’m a monster on the hill
Sedangkan aku bangkotan pembuat onar
Too big to hang out, slowly lurching toward your favorite city
Terlalu tua untuk kesana kemari, selalu telah untuk mengetahui hal yang penting
Pierced through the heart but never killed
Itu menusukku sampai ke jantung tapi tak pernah terbunuh
Did you hear my covert narcissism
Tidakkah kau dengar bahwa aku suka dipuji
I disguise as altruism like some kind of congressman
Berpura-pura melakukan sesuatu yang baik seperti seorang anggota kongres

(I've realized all this time)
(Aku menyadarinya sepanjang waktu)
I wake up screaming from dreaming one day I’ll watch as you’re leaving
Aku melakukan sesuatu tanpa berpikir suatu hari aku akan melihatmu pergi
Cause you got tired of my scheming
Karena aku bosan dengan rencanaku
(For the last time)
Untuk terakhir kalinya)

It’s me, Hi, I’m the problem
Inilah aku, si penyebab masalah
it’s me
Inilah aku
At teatime, Everybody agrees
Saat semua orang berkumpul, mereka semua setuju (Bahwa aku biang masalah)
I’ll stare directly at the sun but never in the mirror
Aku lebih mudah menghadapi media daripada kecemasan sendiri
It must be exhausting always rooting for the anti-hero
Pasti melelahkan selalu mendukung seorang pengganggu sepertiku

I have this dream my daughter-in-law kills me for the money
Aku bermimpi menantu perempuanku membunuhku demi uang
She thinks I left them in the will
Dia pikir aku melupakan mereka dalam wasiatku
The family gathers ‘round and reads it
Semua keluarga berkumpul dan membacakan surat wasiat
And then someone screams out
Dan kemudian seseorang berteriak
“She’s laughing up at us from hell!”
"Dia menertawakan kita dari neraka"

It’s me, Hi, I’m the problem, it’s me
Inilah aku, si penyebab masalah
It’s me, Hi, I’m the problem, it’s me
Inilah aku, si penyebab masalah

It’s me, Hi Everybody agrees, Everybody agrees
Inilah aku, semua setuju bahwa aku biang masalah

It’s me, Hi, I’m the problem, it’s me
Inilah aku, si penyebab masalah
I’m the problem, it’s me
Akulah si penyebab masalah

It's me, At teatime, Everybody agrees
Inilah aku, saat semua orang berkumpul
Everybody agrees
Mereka semua setuju bahwa akulah biang masalah

I’ll stare directly at the sun but never in the mirror
Aku lebih mudah menghadapi media daripada kecemasan sendiri
It must be exhausting always rooting for the anti-hero
Pasti melelahkan selalu mendukung seorang pengganggu sepertiku

Terima kasih kunjungannya, jangan lupa klik ikuti blog ini untuk mendapatkan info terkait postingan baru di blog ini. 

Saturday, October 22, 2022

Sejarah Perkembangan Pendidikan Kejuruan di Indonesia

Sejarah Perkembangan Pendidikan Kejuruan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia berawal dari pendidikan berbasis keagamaan yang diselenggarakan oleh para pemuka dan penyebar agama Hindu, Budha,dan Islam. Pada zamannya , mereka telah mengembangkan sistem pendidikan yang relatif “terstruktur”  dari segi isi maupun tingkat-tingkatnya. Namun sistem pendidikan dalam bentuk sekolah atau menyerupai sekolah sekarang baru dimulai pada abad ke-16. Sekolah pertama di Indonesia didirikan oleh penguasa Portugis di Maluku, Altonio Galvano, pada tahun 1536 berupa sekolah seminari untuk anak-anak dari pemuka pribumi .

VOC mendirikan sekolah pertama di Ambon pada tahun 1607, disusul kemudian di Pulau Banda (1622), dipulau Lontar (1923), dan di Pulau Roen(1927), semuanya di kawasan Maluku yang kaya akan rempah-rempah dan menjadi sasaran awal misi VOC. Sekolah-sekolah tersebut pada dasarnya bertujuan untuk penyebaran agama Kristen . Diluar wilayah Ambon, VOC mendirikan juga sekolah di Jakarta(1617)yang menjadi Sekolah Batavia(Bataviaase School) pada tahun 1622; Sekolah Warga Masyarakat (Burgerschool) tahun 1630, Sekolah Latin (Latijnse School) tahun 1642, dan Sekolah Cina(Chinese School)  tahun 1737. Sekolah yang berorientasi “Kejuruan” yang didirikan pertama kali pada zaman VOC adalah Akademi Pelayaran (Academie der Marine) pada tahun 1743 tetapi ditutup kembali pada tahun 1755.

Ketika kekuasaan VOC berakhir pada penghujung abad ke-18 pendirian sekolah-sekolah dilanjutkan oleh Pemerintah Hindia Belanda yang berdasarkan atas keturunan, bangsa, dan status sosial. Sekolah Pertama untuk anak-anak Eropa dibuka di Jakarta pada 1817, kemudian menyusul berbagai sekolah lainnya. Akan tetapi, setelah lebih dari dua abad berkuasa sejak zaman VOC, baru pada tahun 1853 Belanda mendirikan sekolah kejuruan, yaitu Ambachts School van Soerabaia (Sekolah Pertukangan Surabaya) yang diperuntukan bagi anak-anak Indo dan Belanda, disusul kemudian oleh sekolah serupa di Jakarta pada 1856. Kedua sekolah ini diselenggarakan oleh swasta. Baru pada tahun 1860, Pemerintah Hindia Belanda mengusahakan Sekolah Pertukangan di Surabaya untuk golongan Eropa. Bagi anak-anak Pribumi, hingga saat itu belum ada sekolah serupa.

Di luar Akademi Pelayaran yang didirikan tahun 1743, Sekolah Pertukangan di Surabaya yang berdiri pada tahun 1853 itulah sebagai sekolah kejuruan pertama di Indonesia. Bila sekolah ini menjadi patokan, maka hingga sekarang sekolah kejuruan di Indonesia telah berusia satu setengah abad.


Prinsip Pendidikan Kejuruan

Prinsip Pendidikan Kejuruan 

Seorang ahli dan praktisi dalam dunia pendidikan kejuruan, Dr. Charles Allen Prosser (1871-1952) sering dianggap sebagai bapak pendidikan kejuruan, terutama di Amerika. Dia adalah seorang guru Fisika dan Sejarah di New Albany High School dan mendapatkan gelar PhD dari Columbia University. Berikut ini adalah Prinsip-prinsip Pendidikan Kejuruan (Vocational School) menurut Charles Allen Prosser atau yang biasa dikenal juga dengan istilah 16 Dalil Prosser.

  1. Pendidikan kejuruan akan efisien jika lingkungan di mana siswa dilatih merupakan replika lingkungan di mana nanti ia akan bekerja

  2. Pendidikan kejuruan akan efektif hanya dapat diberikan di mana tugas-tugas latihan dilakukan dengan cara, alat, dan mesin yang sama seperti yang diterapkan di tempat kerja

  3. Pendidikan kejuruan akan efektif jika dia melatih seseorang dalam kebiasaan berpikir dan bekerja seperti yang diperlukan dalam pekerjaan itu sendiri

  4. Pendidikan kejuruan akan efektif jika dia dapat memampukan setiap individu memodali minatnya, pengetahuannya, dan keterampilannya pada tingkat yang paling tinggi

  5. Pendidikan kejuruan yang efektif untuk setiap profesi, jabatan, atau pekerjaan hanya dapat diberikan kepada seseorang yang memerlukannya, yang menginginkannya, dan yang dapat untung darinya

  6. Pendidikan kejuruan akan efektif jika pengalaman latihan untuk membentuk kebiasaan kerja dan kebiasaan berfikir yang benar diulangkan sehingga pas seperti yang diperlukan dalam pekerjaan nantinya

  7. Pendidikan kejuruan akan efektif jika gurunya telah mempunyai pengalaman yang sukses dalam penerapan keterampilan dan pengetahuan pada operasi dan proses kerja yang akan dilakukan

  8. Pada setiap jabatan ada kemampuan minimum yang harus dipunyai oleh seseorang agar dia tetap dapat bekerja pada jabatan tersebut

  9. Pendidikan kejuruan harus memperhatikan permintaan pasar (memperhatikan tanda-tanda pasar kerja)

  10. Proses pembinaan kebiasaan yang efektif pada siswa akan tercapai jika pelatihan diberikan pada pekerjaan yang nyata (pengalaman sarat nilai)

  11. Sumber yang dapat dipercaya untuk mengetahui isi pelatihan pada suatu okupasi tertentu adalah dari pengalaman para ahli pada okupasi tersebut

  12. Setiap okupasi mempunyai ciri-ciri isi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya

  13. Pendidikan kejuruan akan merupakan layanan sosial yang efisien jika sesuai dengan kebutuhan seseorang yang memang memerlukan dan memang paling efektif jika dilakukan lewat pengajaran kejuruan

  14. Pendidikan kejuruan akan efisien jika metode pengajaran yang digunakan dan hubungan pribadi dengan peserta didik mempertimbangkan sifat-sifat peserta didik tersebut

  15. Administrasi pendidikan kejuruan akan efisien jika dia luwes dan mengalir daripada kaku dan terstandar

  16. Pendidikan kejuruan memerlukan biaya tertentu dan jika tidak terpenuhi maka pendidikan kejuruan tidak boleh dipaksakan beroperasi