"Berpikir seperti insinyur, berkarya seperti seniman. Inovasi lahir dari keberanian untuk mencoba dan gagal. Jangan tunggu sempurna untuk memulai, mulailah untuk menjadi sempurna. Setiap baris kode adalah langkah kecil menuju perubahan besar. Kreativitas tanpa aksi hanyalah imajinasi.”

Monday, August 8, 2022

Cara Membuat Aplikasi Android Dari Website Tanpa Coding

Sebagai seorang blogger atau pengembang website terkadang kita ingin membuat sebuah aplikasi yang menampilkan website kita. Akan tetapi, kita berfikir bahwa membuat sebuah aplikasi android memerlukan keahlian dalam bidang pemrograman, sehingga menghilangkan keinginan kita untuk membuat aplikasi tersebut.
Nah, pada postingan kali ini saya ingin memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu membuat aplikasi android untuk menampilkan website kita tanpa coding. Jadi kita tinggal mengisi identitas dan alaman website saja. 

Langsung saja, berikut ini langkah langkahnya:
1. Buka website appsgeyser.com anda dapat membukanya di laptop atau di hp saja, saya contohkan disini menggunakan hp. 
2. Klik Create App For Free, lalu akan muncul tampilan seperti berikut ini. selanjutnya isi nama aplikasi sesuai dengan keinginan
3. Klik Next, lalu muncul tampilan untuk memilih icon aplikasi. Apabila memiliki icon sendiri dapat memilih custom icon. Namun, karena saya belum membuat, jadi saya pilih yang default icon
4. Isi URL dengan nama website yang akan dibuat aplikasinya 
5. Klik Create
6. Login terlebih dahulu dengan akun google
7. Setelah Login akan muncul halaman dashboard, scroll ke bawah kemudian klik download aplikasi
8. Tunggu selama kurang lebih 2 menit
9. Instal aplikasi yang telah didownload.  Taraaa, aplikasi sudah jadi. Simpel bukan. Selanjutnya aplikasi bisa diupload di playstore atau dibagikan ke kerabat. 

Demikian tutorialnya, semoga bermanfaat. Baca juga postingan yang lain untuk menambah pengetahuan. 
Terima kasih. 
Sukses selalu untuk kita semua

Belajar Robot - Mengenal Arduino dan jenis-jenisnya

Mengenal Arduino dan jenis-jenisnya

Deskripsi

Arduino meruoakan sebuah merek, bukan mikrokontroler. Proyek arduino dimulai di Italia untuk mengembangkan sebuah perangkat keras berbiaya rendah untuk desain interaksi. Arduino didirikan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles pada tahun 2005. Arduino memiliki beberapa keunggulan diantaranya: bersifat open source hardware platform, bahasa pemrogramannya mudah dipahami, tersedia banyak library, dan tersedia untuk berbagai macam sistem operasi. 

Banyak macam produk yang dapat dikembangkan dengan menggunakan arduino. Arduino dapat mengolah data lingkungan dari sensor dan menghasilkan output sesuai dengan program yang sudah ditranser. 

Para pengembang biasa menggunakan arduino untuk: 
  1. Produk Otomatis: smart home, smart ofice, peralatan otomatis industri, dll
  2. Kontroler Robot: drones, humanoids, mobile robot, dll
  3. Alat Medis
  4. Internet of Things
  5. 3d Printers
  6. dll

Jenis-jenis Arduino

Arduino memiliki beberapa jenis varian, yaitu:
  • Arduino Uno
  • Arduino Leonardo
  • Arduino Lilypad
  • Arduino Mega
  • Arduino Nano
  • Arduino Mini
  • Arduino Mini Pro
  • Arduino BT

Pin Pada Arduino

Setiap jenis arduino memiliki jumlah pin yang berbeda-beda. Akan tetapi untuk fungsi pin yang tertera tidaklah berbeda.
Berikut ini adalah gambar pin yang terdapat pada arduino uno:

Gambar pin pada arduino

No.

Nama

Keterangan

1

Konektor USB

Digunakan untuk menyambungkan papan dengan komputer, memiliki fungsi sbb:

1.      Memuat program dari komputer ke dalam papan

2.      Komunikasi serial antara papan dan komputer

3.      Memberi daya listrik kepada papan

2

Tombol Reset

Untuk me-reset papan sehingga papan akan menjalankan program dari awal lagi.

3

Sumber daya eksternal

Jika Arduino ingin dijalankan dengan sumber daya dari luar/bukan dari konektor usb dapat diberi tegangan DC antara 9-12V

4

Led indikator komunikasi serial

Sebagai indikator jika papan digunakan untuk komunikasi serial

5

Pin input/output digital (0-13)

Berfungsi sebagai input atau output, dapat diatur oleh program. Khusus untuk pin 3, 5, 6, 9, 10 dan 11, dapat juga berfungsi sebagai pin analog output dimana tegangan output-nya dapat diatur

6

In-Circuit Serial Programming (ICSP)

Port ICSP memungkinkan pengguna untuk memprogram mikrokontroler secara langsung, tanpa melalui bootloader.

7

pin input analog (A0-A5)

Berfungsi sebagai pin input yang dapat membaca tegangan yang dihasilkan oleh sensor analog, seperti sensor suhu. Program dapat membaca nilai sebuah pin input antara 0 – 1023, dimana hal itu mewakili nilai tegangan 0 – 5V.

8

LED terhubung ke pin 13

Pada papan Arduino UNO terdapat led yang sudah terhubung ke digital pin 13, yang dapat digunakan untuk menguji program/papan tanpa perlu merangkai LED eksternal.

9

LED indikator daya

Jika Arduino UNO menyala (ON) maka LED indikator daya akan menyala

10

ATMega 328

2KB RAM (memory kerja), 32KB RAM Flash memory

(program), 1KB EEPROM, UART (antar muka serial)


Friday, August 5, 2022

Latihan Soal Teknik Pemrograman Mikrokontroler dan Mikroprosessor

 

  1. Proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program Komputer disebut . . . .

  1. Programmer

  2. Pemrograman

  3. Algoritma

  4. Program

  5. Mengarang

  1. Orang-orang yang menulis program perangkat lunak komputer disebut dengan . . . .

  1. Programmer

  2. Algoritma

  3. Pemrograman

  4. Program

  5. Writer

  1. Definisi dari Algoritma adalah ….

  1. Perintah untuk menjalankan Bahasa pemrograman

  2. Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis

  3. Program yang harus dijalankan oleh komputer

  4. Up code dari sebuah instruksi

  5. Aturan atau tata cara dalam menulis sebuah program.

  1. Algoritma pemrograman harus ada akhirnya dan menghasilkan ....

  1. keputusan

  2. pilihan

  3. kebenaran

  4. error

  5. output

  1. Dalam penulisan algoritma kita harus mengikuti ketentuan yang berlaku, yaitu…..

  1. Menggunakan Bahasa natural

  2. Menggunakan Bahasa inggris, Indonesia dan Bahasa manusia lainnya

  3. Menggunakan diagram flowchart

  4. Menggunakan pseudo-code

  5. Semua benar

  1. Penulisan algoritma yang menyerupai bahasa pemrograman adalah…..

  1. Pseudocode.

  2. Flowchart.

  3. Kode program.

  4. Algoritma.

  5. Coding

  1. Sebuah metode penggambaran alur dari logika atau langkah Analisa paling awal sebelum kita membuat sebuah algoritma atau program disebut…

  1. Flowchart

  2. Algoritma

  3. Pemrograman

  4. Bahasa Pemrograman

  5. Bahasa Natural

  1. Simbol Flowchart diatas menunjukkan tindakan komputer untuk...

  1. Proses

  2. Input

  3. Output

  4. terminal

  5. Square

  1. Simbol Terminator memiliki fungsi untuk …

  1. Menggambar arah aliran algoritma.

  2. Suatu pernyataan yang jawabannya berupa dua kemungkinan

  3. Menyatakan operasi pemasukan data atau penampilan data.

  4. Titik awal atau titik akhir diagram alir

  5. Proses inisialisasi/pemberian harga awal

  1. Simbol Flowchart yang digunakan untuk pemberian harga awal adalah ….

  1. Konektor.

  2. Input

  3. Preparation

  4. Terminator

  5. Flow line

  1. Gambar di bawah ini adalah simbol flowchart dari ...

  1. Percabangan

  2. Terminator

  3. Proses

  4. Preparation

  5. Input

  6. Output

  1. Berdasarkan kategorinya, bahasa pemrograman dibedakan menjadi dua yaitu….

  1. Bahasa tingkat tinggi dan tingkat rendah.

  2. Pemrograman berorientasi objek dan non objek.

  3. Bahasa yang hanya untuk sistem operasi Windows dan Linux.

  4. Bahasa pemrograman yang cocok untuk aplikasi game dan bisnis.

  5. Semua jawaban salah.

  1. Apabila sebuah kode program memiliki variabel a yang bernilai 10. Pada perintah cout dituliskan a*a , maka hasil tampilannya adalah ..

  1. 10

  2. 20

  3. 100

  4. 200

  5. E. 300

  1. suatu wadah yang menampung sebagai perwakilan memori pada komputer berdasarkan jenisnya disebut ...

  1. Operator

  2. Tipe Data

  3. Ekspresi

  4. Variabel

  5. Logika

  1. Suatu nama yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dari tipe data tertentu disebut juga . . . .

  1. Operator

  2. Tipe Data

  3. Ekspresi

  4. Variabel

  5. Logika

  1. Tipe data bilangan yaitu bilangan atau angka yang tidak mempunyai titik desimal atau pecahan disebut…

  1. Float.

  2. Integer.

  3. Double.

  4. Character.

  5. Boolean.

  1. Tipe data yang digunakan untuk menghasilkan nilai Benar dan Salah adalah...

  1. Boolean

  2. Float.

  3. Integer.

  4. Double.

  5. Character.

  1. Sebuah perintah kepada komputer untuk melakukan suatu operasi dalam menyelesaikan suatu masalah.

  1. Operator

  2. Tipe Data

  3. Ekspresi

  4. Variabel

  5. Logika

  1. Perhatikan data berikut

@

Tipe data di atas termasuk kedalam tipe data ..

  1. Integer

  2. Boolean

  3. Double

  4. Void

  5. Character

  1. Setiap perintah di dalam C++ selalu diakhiri dengan tanda ...

  1. ;

  2. :

  3. ,

  4. #